Kamis, 26 September 2013

Yuuk, facial di rumah...!!



Muslimah cantik luar dalam. Mengutip salah satu buku favorit saya, hehe…
Sebagaimana niat awal dibuatnya blog ini adalah untuk berbagi, maka untuk tips cantik berikut ini pun tak mungkin saya sembunyikan dari pembaca sekalian.

Cantik fisik bagi seorang Muslimah adalah hal yang penting. Tentunya, cantik fisik di sini adalah cantik yang sesuai syar’i. Sebagaimana maklum diketahui bahwa Alloh itu indah dan Mencintai keindahan, maka seorang muslimah—sebagai wujud syukurnya kepada Alloh—hendaknya menjaga keindahan fisik yang telah Alloh karuniakan untuknya. Untuk melakukannya, seorang Muslimah tidak diperbolehkan mengubah ciptan Alloh (dengan operasi, mencukur rambut alis, menyambung rambut, dsb..).
Salah satu bagian fisik yang harus dijaga keindahannya adalah wajah. Terutama bagi Muslimah yang sudah bersuami, maka menjadi ‘objek yang sedap dipandang’ suami adalah suatu kewajiban yang berpahala.
Naah.. untuk menjaga keindahan wajah, yang perlu diperhatikan adalah kesehatan dan kebersihannya. Salah satu cara mengupayakannya adalaah dengan melakukan facial. Eits!! Facial di sini tidak harus dikerjakan di salon lho.. kita pun bisa mengerjakannya sendiri..
Yuuk… belajar facial  sendiri di rumah.

Pertama, siapkan dulu alat dan bahannya:
1.            Handuk besar untuk menutup bahu agar tidak terkena tetesan ‘material’ facial,
2.           Bando untuk mencegah ‘rambut nakal’ mengganggu area facial

3.           Mangkok plastic ukuran tanggung untuk tempat air
4.           Spons selulosa (berpori-pori)

5.           Pembersih dan penyegar . silakan pilih sesuai jenis kulit Anda
6.           Bahan scrub/ peeling
7.           Sabun muka sesuai selera Anda
8.            Krim massage. Boleh juga dengan minyak zaytun (recommended!!)
9.            Cairan penyegar/ toner. Saya lebih suka memakai jus tomat sebagai toner, selain karena alami, jus tomat dapat mengencangkan kulit, memperkecil pori2 dan mengurangi minyak wajah. Jika menggunakan toner pabrikan, pilih yang alcohol-free agar kulit tidak kering





10.         Masker. Untuk masker alami, gunakan putih telur yang dicampur 1sdt madu
11.         Kuas masker
12.        Ekstraktor komedo
13.        Air hangat
Selanjutnya, adalah CARA KERJA
1.    Cuci tangan dengan sabun. Ingat, jangan pernah menyentuh wajah sebelum cuci tangan!
2.   Bersihkan wajah dengan susu pembersih. Prinsip gerakan tangan selama facial pada dasarnya sama, yakni gerakan tangan ke atas dan memutar ke arah luar (arah telinga)



3.   Basuh wajah dengan spons selulosa yang dicelup air
4.   Aplikasikan scrub sambil memijit wajah dengan tekanan lembut. Hindari penggunaan scrub pada bagian wajah yang berjerawat
5.   Basuh wajah dengan spons selulosa yang dicelup air (atau cuci dengan sabun facial wash)
6.   Bersihkan area ‘T’ dan daerah sekitar mulut dengan ekstraktor komedo. Tekan bagian yang berbentuk lingkaran pada kulit wajah dan geser perlahan sehingga lemak putih bernama komedo keluar dari pori kulit.
7.   Aplikasikan toner dengan cara menepuk-nepukkan kapas ber-toner, jangan diusap!
8.    Lakukan massage!
Aplikasikn krim massage pada wajah, dan lakukan gerakan berikut

1) lakukan pijitan melingkar di dahi dengan kedua tangan, dimulai dari tengah dahi ke arah luar. 2) lakukan pijitan melingkar di daerah pipi, 3) dengan satu tangan, lakukan pijitan melingkar di daerah dagu, 4) lakukan pijitan di sekitar bibir dengan gerakan satu arah, 5) lakukan pijitan naik turun di daerah hidung, 6) lakukan pijitan di sekitar mata, dari arah dalam keluar, 7) gunakan jari untuk melakukan tepukan2 di daerah piipi, 8) gunakan telapak tangan untuk menekan pipi ke atas, dan dahi dari tengah ke samping


9.    Basuh muka dengan air hangat
10.   Aplikasikan toner
11.   Langkah terakhir, pakailah masker favorit Anda. Untuk masker berbentuk serbuk, larutkan dulu dengan air mawar sebelum diaplikasikan. Jangan membuat gerakan muka (tertawa, berbicara, dkk)selama memakai masker agar hasil optimal, hindari mengaplikasikan masker di daerah mata dan bibir. Dan pastikan lapisan masker Anda benar-benar kering sebelum dibersihkan. Selama masa penantian (^^), Anda bisa berbaring santai dan meletakkan irisan mentimun pada bagian mata agar mata rileks.
12.   Selanjutnya bersihkan masker dengan spons selulosa basah.
13.   Aplikasikan toner

YAPPP!!! Facial at Home  selesai…. ^^
Slamat mencobaaa…
Yang bingung boleh tanya..
 




0 komentar:

Posting Komentar